1.896 Lulusan SMA Lulus di Unsyiah Melalui UMB-PT

Sebanyak 1.896 orang lulusan SMA/MA/SMK, Senin (11/8), dinyatakan lulus ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) tahun 2014. Di antara jumlah yang lulus tersebut, 1.350 orang adalah mereka yang diteriam di program studi sarjana (S1), sementara sisanya, 546 orang adalah mereka yang lulus di program studi Diploma (D3) Unsyiah.

Ujian tulis UMB-PT yang berlangsung Minggu (3/8) lalu diikuti oleh 3.783 orang lulusan SMA/MA/SMK. Angka tersebut adalah jumlah peserta yang terdata di panitia lokal Unsyiah. Pengumuman kelulusan yang dapat diakses oleh peserta melalui www.spmb.or.id tersebut telah dapat diakses sejak Senin, 11/8. Sementara informasi pendaftaran ulang untuk mahasiswa baru Unsyiah yang lulus melalui jalur ini dapat dipantau melalui www.unsyiah.ac.id.

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) merupakan jalur masuk terakhir untuk program studi S1, dan merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Unsyiah, selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur UMB-PT ini biasa juga disebut jalur mandiri.

Meskipun Unsyiah menerima mahasiswa melalui beberapa jalur berbeda, namun proses belajar mengajar yang diterapkan nantinya akan sama untuk setiap mahasiswa. Salah satu pembeda yang signifikan antara mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah besarnya uang kuliah tunggal (UKT) yang dibebankan kepada mereka.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh mahasiswa yang lulus melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Tahun 2014 relatif lebih mahal dibandingkan dengan kedua jalur lainnya, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Informasi besaran UKT untuk jalur tersebut termuat di laman http://unsyiah.ac.id/pengumuman/. Biaya kuliah minimum yang harus dibayar oleh mahasiswa yang masuk melalui jalur ini adalah sebesar Rp. 4.500.000,-. Sementara UKT minimum untuk program-program studi favorit seperti Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi adalah sebesar Rp. 19.000.000,-, dan angka maksimum yang harus dibayarkan oleh mahasiswa kedua program studi tersebut yang lulus melalui jalur ini adalah Rp. 28.000.000,-.
Ada 14 universitas di Indonesia yang membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui UMBPT. Tiga universitas berasal dari Aceh yaitu Unsyiah, Universitas Malikussaleh Kota Lhokseumawe dan Universitas Teuku Umar Meulaboh. (i’m)