GMCC III Fakultas Keperawatan mengadakan promosi kesehatan bagi masyarakat Aceh Besar

Banda Aceh, Group Maternity Community Care (GMCC) III Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Keperawatan memberi pelayanan perinatal berkualitas yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan fisik dan psikososial pada wanita, bayi dan keluarga sebagai individu yang unik dan melihat setiap anggota keluarga memiliki kebutuhan dan keinginan khusus yang dapat dipenuhi melalui proses keperawatan.

Kegiatan ini diadakan  selama tiga hari mulai tanggal 15 hingga 17 April 2016 di Aula Gedung Petronas Jl. Tanoh Abee, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Darusalam-Banda Aceh. Hari pertama Kegiatan tersebut di isi langsung oleh  Ibu Ns. Darmawati, M.Kep., Sp. Mat (Wakil Dekan I) dan Ibu Ners Sri Intan RN.M.Kep.,Sp.Kep.An ( Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan) Fakultas Keperawatan Unsyiah.

Sesuai dengan hasil analisa data yang telah dilakukan maka ditemukan jumlah kader kesehatan di lambaro sukon berjumlah 6 orang, di lamklat berjumlah 4 orang,  dusun lambitra 3 orang, lamduro berjumlah 3 orang, lieu berjumlah 3 orang, lambada peukan 3 orang, ada beberapa faktor yang sangat mendukung untuk peningkatan kesehatan ibu dan anak, salah satu faktor pendukung di sini adalah kader, dimana kader khusus untuk kelompok ini belum terbentuk khususnya di kecamatan darussalam, selain itu di temukannya 100% ibu hamil tidak mendapatkan informasi tentang gizi sehat pada masa kehamilan, ditambah lagi dengan 70% ibu tidak pernah melihat menu makanan sehat selama masa kehamilan. Dari hasil analisa data juga ditemukan bahwa selama masa kehamilan 70% ibu mengkonsumsi sayuran, buah dan susu dalam frekuensi yang jarang. Selain itu analisa yang di dapat bahwa belum terbentuknya kelompok pendukung untuk remaja, ibu hamil, menyusui, nifas dan lansia khususnya kader.

Kegiatan ini merupakan  salah satu bentuk upaya peningkatan kesehatan remaja, ibu hamil, menyusui, ibu nifas dan lansia membentuk group dimana kelompok ini akan membentuk group berbagi pengalaman bagi remaja, ibu hamil, menyusui dan ibu nifas. Tujuan acara ini agar Membentuk Group Maternity Community Care (GMCC) III, Menjalankan Program Group Maternity Community Care (GMCC) III, Memberdayakan kader kesehatan dalam program GMCC III, Mengikut sertakan kesehatan masyarakat khususnya kelompok remaja, ibu hamil, ibu nifas, PUS, dan Lansia dalam Group Maternity Comunity Care ( GMCC ) III, Memandirikan masyarakat terutama kelompok remaja, ibu hamil, ibu nifas, Pus dan Lansia untuk dapat mengenal masalah kesehatan, Melakukan kegiatan promotif dan preventif dalam program Group Maternity Comunity Care (GMCC) III dan Membantu  puskesmas dalam perencanaan program peningkatan kesehatan masyarakat dalam kegiatan promotif dan preventif.