Mahasiswa USIM Malaysia Kunjungi Unsyiah

Kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kali ini mendapat kunjungan dari mahasiswa beserta dosen dari kampus Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Study tour mahasiswa USIM, tepatnya ke Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsyiah, dilakukan perihal diadakannya workshop “Post-Traumatic Counseling”, Kamis (4/9).

Mahasiswa dan dosen USIM Malaysia disambut langsung oleh Rektor Unsyiah yang diwakili oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Alfiansyah Yulianur didampingi oleh para Dekanan FKIP Unsyiah beserta dosen-dosen Progam Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsyiah.

Kepada mahasiswa USIM, Dr. Alfiansyah juga turut memperkenalkan bahwa kampus Unsyiah ini diambil dari nama seorang ulama besar Aceh, yaitu Syech Abdurrauf as-Singkili atau dikenal juga dengan nama Syiah Kuala. “Dengan semangat nama besar Syiah Kuala, kampus ini didirikan, dan kehadiran mahasiswa USIM ini menyatakan bahwa kampus ini tidak hanya dicintai oleh masyarakat Aceh, tapi juga menjadi tempat belajar bagi mahasiswa luar,” paparnya.

Hubungan baik ini perlu terus dijaga. Dr. Alfiansyah Yulianur memberikan harapan baiknya agar kedua mahasiswa berbeda negara ini dapat terus bersahabat.

“Kita perlu sama-sama membangun hubungan yang akrab, apalagi dua negara ini (Indonesia dan Malaysia—red.) mempunyai keterkaitan budaya yang kuat. Oleh karenanya, saya mengucapkan terima kasih kepada Prodi Bimbingan dan Konseling yang telah memfasilitasi mahasiswa USIM untuk mengadakan workhshop ini,” ujar beliau.

Drs. Martunis, M.Si. selaku ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsyiah mengatakan, acara ini penting untuk diikuti oleh semua mahasiswa, karena ketika mereka sudah menjadi guru, mereka dapat langsung mengaplikasikannya. Juga, acara ini menjadi wadah untuk saling berbagi ilmu antara mahaiswa Unsyiah dengan mahasiswa USIM Malaysia.

Acara ini dilanjutkan dengan workhsop “Post-Traumatic Counseling” dengan pemateri dosen USIM, Dr. Othman Bin Abd Rahman. Workhsop setengah hari ini merupakan kerja sama Progam Studi dan Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dan diikuti 22 mahasiswa USIM serta ratusan guru dan mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Unsyiah.[mr-be]