Unsyiah Buka Pendaftaran Mahasiswa D-3

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali menerima mahasiswa baru program Diploma III (D-3) melalui Jalur Mandiri Unsyiah (JMU) tahun akademik 2014. Tahun ini ada lima fakultas yang menampung mahasiswa D-3. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 4-18 Agustus 2014 secara online dan manual di fakultas masing-masing.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menyebutkan, lima fakultas yang membuka peluang bagi calon mahasiswa D-3 yaitu Fakultas Pertanian (FP), Fakultas MIPA (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Ekonomi (FE).

“Dari lima fakultas tersebut, terhitung ada dua belas program studi (prodi) D-3 yang dibuka. Fakultas Pertanian membuka Prodi Manajemen Agribisnis, Manajemen Agribisnis (Program Kewirausahaan Pertanian Saree), dan Budi Daya Peternakan. FKH hanya membuka Prodi Kesehatan Hewan.

FMIPA membuka Prodi Manajemen Informatika dan Teknik Elektronika. Program D-3 FE yakni Prodi Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Pemasaran, Sekretaris, Perpajakan, serta Manajemen Perusahaan. Sementara, program D-3 terbanyak ada di FT sebanyak sebelas prodi yang tersebar di jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia dan Teknik Listrik,” jelas Samsul.

Ia mengatakan, syarat calon mahasiswa D-3 yang melamar di Unsyiah harus lulus tingkat SMA sederajat minimal lulusan tahun 2012. Sedangkan materi yang diujiankan tergantung kepada fakultas masing-masing. Pendaftarannya sudah dimulai dari tanggal 4-18 Agustus 2014. Sedangkan FT dan FE membuka pendaftaran sampai 19 Agustus 2014.

“Mengenai syarat juga diatur oleh fakultas yang bersangkutan. Misalnya, ada syarat khusus bagi calon mahasiswa Manajemen Agribisnis, seperti bersedia tinggal di asrama dan mengikuti peraturan yang ditetapkan. Untuk informasi penerimaan mahasiswa D-3 dapat diakses pada situs www.unsyiah.ac.id di kolom fakultas dan program. Selanjutnya, klik fakultas yang diminati,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Informatika, Dr. Taufik Fuadi Abidin, M.Tech., menambahkan, Unsyiah turut menerima mahasiswa alih program. Mahasiswa lulusan D-3 dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang berminat melanjutkan jenjang S-1 dapat segera mendaftarkan dirinya secara online di laman www.alihprogram.unsyiah.ac.id.

“Namun, mahasiswa yang mengambil program harus memiliki bidang studi yang relevan dengan Unsyiah. Bahkan, mahasiswa lulusan dari kampus swasta harus terakreditasi A. Oleh karena itu, ada beberapa mahasiswa yang terpaksa ditolak karena materi kuliah yang tidak sesuai dengan Unsyiah serta belum terakreditasi A,” ujar Ketua Pusat Komputer dan Sistem Informasi (PUKSI) Unsyiah tersebut.[rz-be]