Unsyiah Juara I Stan Hardikda

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil meraih juara I Stan Terbaik Kategori Universitas/Instansi dalam Expo Pendidikan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-55. Expo yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Aceh tersebut berlangsung selama tiga hari sejak 2-4 September di gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Darussalam. Expo ini dikemas dalam bentuk pameran pendidikan dan panggung kreasi siswa. Pameran diikuti oleh lembaga pendidikan dari berbagai jenjang dan lembaga pengelola pendidikan termasuk perguruan tinggi se-Aceh.

Di samping itu, acara tersebut juga dimeriahkan oleh unsur dayah atau pesantren serta lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama. Sedangkan panggung kreasi siswa diisi dengan penampilan (kreasi seni) siswa dari setiap lembaga pendidikan.

Ferhat Mukhtar yang menjadi panitia stan Unsyiah mengatakan, Unsyiah menampilkan berbagai koleksi seperti buku-buku dari perpustakaan Unsyiah dan majalah Warta Unsyiah. Selain itu, ada juga penayangan video simulasi bencana dari TDMRC serta berbagai hasil penemuan mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Unsyiah.

Pada penutupan yang berlangsung kemarin, Kamis (4/8), panitia mengumumkan tiga stan terbaik untuk setiap katagori. Unsyiah berhasil menyabet juara I, diikuti oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh (PDIA) sebagai juara II, dan Universitas Islam Negeri (UIN) sebagai terbaik III.

Stan dinilai oleh juri berdasarkan desain tampilan stan dan materi yang disampaikan pada stan tersebut. Selama pameran berlangsung pula, para juri berkunjung ke setiap stan untuk melakukan penilaian.

Anas M. Adam, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, menyambut baik adanya expo pendidikan ini. Ia juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung rutin setiap tahunnya.

“Saya berharap, tahun depan diikuti lebih banyak peserta dari seluruh Aceh. Jika perlu, kita cari lokasi expo yang lebih luas sehingga mampu menampung semua peserta expo dari seluruh Aceh,” sebutnya.
Anas juga mengucapkan selamat kepada Unsyiah atas perolehan juara dari hasil expo Hardikda tahun ini. Semoga tahun depan Unsyiah dapat berpartisipasi kembali serta dapat meningkatkan pelayanan ketika pameran berlangsung.[un-be]