Mahasiswa & Alumni

International Nurses Day

PERINGATAN HARI PERAWAT SEDUNIA
A Force for Change: Care Effective, Cost Effective

   

BEM Fakultas Keperawatan  Unsyiah  merayakan International Nurse Day (IND) atau Hari Perawat Sedunia di Lapangan Blang Padang Kodim IM Banda Aceh. Acara yang diselenggarakan pada Minggu 10 Mei 2015 ini mengusung tema ‘A Force for Change: Care Effective, Cost Effective’.

Kegiatan ini dimulai dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unsyiah Bapak Hajjul Kamil,S.Kp.,M.Kep dan dihadiri oleh beberapa tamu seperti dosen Fakultas Keperawatan Unsyiah, utusan dari PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia ) Provinsi Aceh, PSIK Unaya Banda Aceh, PSIK Yayasan Harapan Bangsa Banda Aceh, Akper Kesdam Banda Aceh, Fakultas Kedokteran Unsyiah, Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah, utusan dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Banda Aceh, utusan dari RSUDZA dan Rumah Sakit Ibu dan Anak. Selain itu, kurang lebih 400 peserta ikut meramaikan acara tersebut yang berasal dari instansi keperawatan di wilayah Banda Aceh.  Acara Pembukaan diakhiri dengan prosesi menerbangkan balon di udara sebagai wujud harapan untuk masa depan profesi perawat kearah yang lebih baik.

Barisan di depan panggung kini dipenuhi dengan ‘lautan merah’ untuk memulai acara jalan santai yang diresmikan dengan proses pemotongan pita oleh Dekan FKep Unsyiah, Pembantu Dekan II dan III, Ka.TU, para Ka.Subbag FKep Unsyiah dan Wakil Ketua PPNI Provinsi Aceh. Rute jalan santai dimulai dari gerbang Museum Tsunami melewati Pendopo Gubernur, Masjid Raya Baiturrahman dan kembali ke Lapangan Blang Padang.

            Setelah jalan santai, acara dilanjutkan dengan Lomba Rangking 1 yang diikuti oleh 30 peserta. Soal yang diberikan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda yaitu mudah, sedang dan sulit dengan jumlah masing-masing tingkat kesulitan 7 soal. Dari acara tersebut didapatkan 1 pemenang orang dengan predikat ‘Rangking 1’  yaitu Caturi Yuni Noesika dari FKep Unsyiah dan berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang tunai sebesar Rp. 150.000,00.

            Tepat pada pukul 10.00 WIB acara IND dimeriahkan oleh penampilan drama dari siswa-siswi SD Negeri 2 Banda Aceh dengan judul ‘Selamat Jalan Anakku’. Drama sederhana namun kocak ini bercerita tentang peran perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Penonton yang memenuhi sekitaran panggung merasa terhibur melihat tingkah polos yang dilakoni masing-masing siswa-siswi tersebut.

Acara dilanjutkan dengan Lomba Tarik Tambang yang diikuti oleh 3 grup peserta putra dan 3 grup peserta putri. Juara pertama kategori putra diraih oleh PSIK YHB sedangkan juara pertama kategori putri diraih oleh Akper Kesdam.

Acara yang selalu ditunggu-tunggu disetiap acara jalan santai adalah pembagian doorprise sekaligus pembagian hadiah bagi pemenang lomba. Hadiah utama sebuah Sepeda Gunung didapatkan oleh mahasiswa YHB dengan nomor undian 521.

Baginda Perwira Indra Teja selaku ketua BEM FKep Unsyiah mengaku cukup puas dengan kinerja dan persiapan panitia acara ini. Dia mengatakan bahwa acara IND tahun ini terbagi menjadi 2 hari yaitu acara jalan santai yang dilaksanakan pada hari ini dan acara pembagian bunga sebagai wujud nyata agar masyarakat lebih memahami peran perawat sebagai sumber vital kesehatan masyarakat.

Diharapkan acara ini dapat meningkatkan kecintaan mahasiswa keperawatan terhadap profesi yang sering mendapatkan julukan sebagai ‘mahkota putih’. Partisipasi kita terhadap teman sejawat sebagai sesama perawat dibutuhkan untuk meningkatkan stigma positif di mata masyarakat. We are proud to be a nurse. A Force for Change: Care Effective, Cost Effective.